Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Goyang

Apakah kamu mengalami masalah layar hp bergaris atau goyang? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris dan Goyang Ampuh

Jika layar hp kamu sering bergaris atau mengalami goyang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris dan Goyang Ampuh

Apa Itu Masalah Layar Hp Bergaris dan Goyang?

Masalah layar hp bergaris dan goyang dapat terjadi pada berbagai jenis hp, baik itu hp android atau iphone. Hal ini biasanya terjadi karena kerusakan pada koneksi layar dan motherboard hp. Masalah ini membuat layar hp kamu bergaris atau mengalami goyang saat dipakai.

Mengapa Layar Hp Bisa Bergaris atau Goyang?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan layar hp kamu bergaris atau goyang, di antaranya:

  • Koneksi antara layar dan motherboard hp yang tidak stabil atau longgar
  • Kerusakan pada IC driver display, yaitu chip yang mengendalikan tampilan layar hp
  • Kerusakan pada flexibel kabel di bagian dalam hp
  • Akibat dari jatuh atau terbentur keras pada hp

Jenis-jenis Masalah Layar Hp Bergaris dan Goyang

Ada dua jenis masalah layar hp bergaris dan goyang, yaitu:

  • Bergaris horizontal
  • Bergaris vertikal

Bergaris horizontal artinya garis-garis muncul secara horizontal di layar hp. Sedangkan pada bergaris vertikal, garis-garis muncul secara vertikal di layar hp.

Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris dan Goyang

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah layar hp yang bergaris dan goyang:

  1. Cek kabel fleksibel
  2. Cek kabel fleksibel

    Apa itu kabel fleksibel? Kabel fleksibel merupakan sebuah kabel penghubung antara bagian layar dengan motherboard pada hp kamu.

    Mengapa kabel fleksibel menjadi penyebab layar hp bergaris dan goyang? Kabel fleksibel terbuat dari bahan yang cukup rentan terhadap kerusakan. Seiring dengan penggunaan, kabel fleksibel ini mengalami kerusakan pada bagian bagian tertentu. Ketika kabel fleksibel mengalami kerusakan, maka koneksi antara layar dengan motherboard menjadi lemah dan layar hp akan bergaris atau goyang.

    Cara mengatasi: Kamu bisa membuka casing pada bagian belakang layar pada hp kamu. Selanjutnya, periksa kabel fleksibel apakah terpasang dengan baik atau tidak. Jika terlepas, kamu bisa memasang kembali kabel fleksibel tersebut dengan hati-hati. Namun, jika kabel fleksibelnya rusak, maka kamu harus menggantinya dengan kabel fleksibel yang baru.

  3. Cek koneksi antara layar dan motherboard
  4. Cek koneksi antara layar dan motherboard

    Apa itu koneksi antara layar dan motherboard? Koneksi antara layar dan motherboard merupakan koneksi yang sangat penting pada sebuah hp. Koneksi ini menghubungkan bagian display pada layar dengan motherboard. Ketika koneksi ini terganggu, layar hp akan bergaris atau mengalami goyang.

    Mengapa koneksi antara layar dan motherboard bisa terganggu? Koneksi antara layar dan motherboard bisa terganggu karena beberapa faktor, di antaranya:

    • Bagian koneksi yang kotor atau berlumuran karena debu atau minyak
    • Koneksi yang lepas karena jatuh atau terbentur
    • Keluarnya koneksi dari tangkai layar karena longgar

    Cara mengatasi: Kamu bisa mencoba memperbaiki koneksi antara layar dan motherboard dengan cara membuka bagian belakang hp kamu. Selanjutnya, periksa koneksi antara layar dan motherboard apakah terhubung dengan baik atau tidak. Jika terlepas, maka kamu bisa memasang kembali koneksi tersebut dengan hati-hati. Namun, jika koneksi antara layar dan motherboard rusak, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

  5. Cek IC driver display
  6. Cek IC driver display

    Apa itu IC driver display? IC driver display adalah chip yang berfungsi mengendalikan tampilan yang ada di layar hp kamu. IC driver display ini dapat mengalami kerusakan akibat dari beberapa hal, salah satunya yaitu suhu hp yang terlalu panas.

    Mengapa IC driver display dapat menyebabkan layar hp bergaris dan goyang? IC driver display ini memainkan peranan penting dalam mengatur tampilan yang ada di layar hp kamu. Jika IC driver display ini rusak, maka kemampuan dalam mengendalikan tampilan layar hp kamu juga akan berkurang.

    Cara mengatasi: Jika kamu mau mengatasi masalah ini, kamu harus pergi ke servis center untuk memperbaiki IC driver display pada hp kamu. Hal ini dikarenakan IC ini tidak bisa diganggu gugat oleh pemilik hp atau orang diluar teknisi ahli.

  7. Cek keamanan pada hp
  8. Cek keamanan pada hp

    Apa itu keamanan pada hp? Keamanan pada hp terdiri dari empat jenis, yaitu:

    • Antivirus
    • Firewall
    • VPN
    • Backup data

    Mengapa keamanan pada hp perlu diperiksa? Masalah layar hp bergaris atau goyang pada hp kamu, muncul seringkali diakibatkan dari kerusakan software hp yang disebabkan virus. Oleh sebab itu, keamanan pada hp harus diperiksa dengan baik untuk menghindari terjadinya kerusakan pada software hp.

    Cara mengatasi: Kamu bisa melakukan scan antivirus pada hp. Selain itu, kamu juga bisa mematikan akses internet pada hp untuk sementara waktu. Sehingga bisa memastikan bahwa virus atau malware tidak masuk ke dalam hp kamu.

Keuntungan Memperbaiki Layar Hp yang Bergaris dan Goyang

Mengatasi masalah layar hp bergaris dan goyang tidak hanya menjamin kenyamananmu dalam menggunakannya, namun juga memiliki beberapa keuntungan lain, diantaranya:

  • Mencegah kerusakan lain pada hp kamu
  • Meningkatkan kinerja hp
  • Mencegah kehilangan konten penting di hp

Langkah-langkah Memperbaiki Layar Hp yang Bergaris dan Goyang

Berikut ini beberapa langkah-langkah yang perlu kamu lakukan jika layar hp kamu bergaris atau goyang:

  • Periksa kabel fleksibel
  • Periksa koneksi antara layar dan motherboard
  • Periksa IC driver display
  • Periksa keamanan pada hp
  • Perbaiki hp dengan dukungan teknisi ahli

Tips Menghindari Layar Hp yang Bergaris dan Goyang

Untuk menghindari terjadinya layar hp bergaris dan goyang, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Jangan meminjamkan hp kepada orang lain
  • Jaga hp kamu dari benturan keras
  • Matikan hp setiap malam untuk menghindari overheating yang terjadi akibat dari penggunaannya terus menerus
  • Periksa keamanan pada hp secara rutin

Itulah beberapa cara mengatasi masalah layar hp yang bergaris atau goyang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami masalah serupa pada hp kamu. Selalu jaga kualitas hp kamu dengan baik dan periksa secara berkala kondisi layar hp kamu agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Goyang"