Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Saldo Kartu Kks Lewat Hp

Wahai para teman-teman yang sedang bingung mau gimana caranya cek saldo kartu keluarga sejahtera lewat hp, jangan khawatir karena saya akan kasih tau nih caranya dengan bahasa yang santai dan kocak biar nggak bosenin hehehehehe.

Gimana Sih Cara Cek Saldo KKS?

Jadi begini, sebelum mulai cari tau cara cek saldo KKS lewat hp, kita harus tau dulu apa itu KKS ya. KKS atau kartu keluarga sejahtera adalah kartu yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial seperti PKH atau BPNT. Nah, untuk tau saldo KKS kamu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti :

Cara Pertama

Cek saldo KKS lewat hp bisa dilakukan dengan mengetik SMS dengan format :

INFO#NIK#KK#

Nah, NIK di sini adalah nomor induk kependudukan kamu, sedangkan KK adalah nomor kartu keluarga. Setelah itu kirim SMS tersebut ke nomor 5678. Tunggu beberapa saat, nanti saldo KKS kamu bakalan muncul di hp. Simple banget kan caranya?

Cara Kedua

Cek saldo KKS lewat hp bisa juga dilakukan dengan aplikasi SIKKA (Sistem Informasi Keluarga Sejahtera).

Aplikasi SIKKA ini bisa diunduh di Play Store. Setelah terpasang, kamu harus log in dengan menggunakan NIK dan password. Setelah itu kamu bisa langsung masuk ke menu cek saldo dan tadaaa saldo KKS kamu sudah muncul. Mantap ya!

Cara Ketiga

Cek saldo KKS lewat hp juga bisa dilakukan dengan menggunakan USSD.

Nomer USSD yang bisa kamu gunakan adalah *550#. Setelah kamu memasukkan nomer tersebut, pilih opsi 1 untuk masuk ke menu info KKS dan opsi 2 untuk cek saldo KKS. Setelah itu masukkan nomor KKS kamu dan saldo KKS kamu pun sudah terlihat. Gampang banget deh!

Apa Sih Keuntungan Cek Saldo KKS Lewat HP Ini?

Tentu saja cek saldo KKS lewat hp ini punya banyak keuntungan dong.

Keuntungan Pertama

Kamu nggak perlu ribet-ribet ke kantor pusat atau ke agen untuk cek saldo KKS. Cukup dari hp kamu, kamu udah bisa tau berapa jatah bantuan sosial yang bisa kamu terima. Praktis banget kan?

Keuntungan Kedua

Kamu bisa lebih efektif dan efisien dalam mengatur keuangan keluarga karena kamu bisa tau berapa banyak jumlah uang yang masuk setiap bulannya.

Keuntungan Ketiga

Ini dia keuntungan yang paling penting, kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Semua proses cek saldo KKS bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat dari hp tanpa harus antri panjang di kantor pusat atau agen.

Apa Sih Langkah-Langkah Cek Saldo KKS Lewat HP?

Mau tau langkah-langkah cek saldo KKS lewat hp?

Langkah Pertama

Pertama-tama, pastikan kamu sudah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah melalui program PKH atau BPNT.

Langkah Kedua

Setelah memastikan kamu terdaftar sebagai penerima bantuan sosial, kamu bisa memulai proses cek saldo KKS lewat hp dengan cara memilih salah satu dari ketiga cara yang sudah dijelaskan di atas. Kamu bisa pilih yang paling mudah dan yang kamu suka.

Langkah Ketiga

Setelah memilih, biasanya aplikasi atau nomer USSD akan meminta informasi mengenai NIK dan KKS kamu. Pastikan kamu sudah mempersiapkan informasi tersebut sebelum memulai proses cek saldo KKS.

Langkah Keempat

Tunggu beberapa saat sampai data kamu berhasil diproses. Biasanya tidak butuh waktu lama kok. Setelah itu, kamu bakalan bisa melihat saldo KKS kamu dan bisa mulai mengatur keuangan keluarga dengan lebih baik lagi.

Kesimpulan

Jadi itulah cara cek saldo KKS lewat hp yang bisa dipraktikkan oleh siapa aja yang kepingin tau berapa banyak jatah bantuan sosial yang bisa diterima setiap bulannya. Ada banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa kamu dapatkan jika cek saldo KKS lewat hp. Jangan ragu dan bingung lagi, langsung coba ya teman-teman!

Tips

Sebelum cek saldo KKS lewat hp, pastikan hp kamu sudah terkoneksi dengan internet ya. Kalau nggak terkoneksi, proses cek saldo KKS lewat hp nggak bakalan berhasil.

KKS lewat hp

Jenis-Jenis Bantuan Sosial yang Dapat Diterima Melalui KKS

Banyak yang belum tau nih kalau kamu bisa juga dapetin bantuan sosial selain PKH dan BPNT melalui KKS. Berikut ini beberapa jenis bantuan sosial yang bisa kamu terima melalui KKS :

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT adalah program bantuan sosial yang diberikan kepada keluarga miskin untuk membeli bahan makanan non-tunai seperti beras, mie instan, gula pasir dan telur. Jumlah nominal bantuan yang diterima adalah sebesar Rp.110.000,-/bulan/keluarga penerima manfaat.

Keluarga Harapan (PKH)

PKH adalah program bantuan sosial yang diberikan kepada keluarga miskin dengan anak usia sekolah dasar, balita, ibu hamil dan ibu menyusui. Bantuan sosial yang diterima adalah berupa uang tunai sebesar Rp. 550.000,- /tahun/keluarga penerima manfaat.

Bantuan Siswa Miskin (BSM)

BSM adalah program bantuan sosial yang diberikan kepada siswa sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, maupun siswa sekolah kejuruan yang berasal dari keluarga miskin. Bantuan sosial yang diterima adalah berupa uang tunai sebesar RP. 450.000,- /semester/siswa.

Bantuan Langsung Tunai (BLT)

BLT adalah program bantuan sosial yang diberikan kepada keluarga miskin yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan sosial yang diterima adalah berupa uang tunai sebesar Rp. 600.000,-/bulan selama tiga bulan.

Mengapa Harus Cek Saldo KKS Lewat HP?

Banyak yang bertanya-tanya mengapa harus cek saldo KKS lewat hp. Pertama, proses cek saldo KKS lewat hp ini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara manual seperti ke kantor pusat atau ke agen. Kedua, kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga karena semua proses bisa kamu lakukan dari hp. Oleh karena itu, cek saldo KKS lewat hp adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mendapat banyak kemudahan. Happy cek saldo KKS lewat hp ya teman-teman!

Cek Saldo KKS

Ada Yang Lupa Belum?

Sudah tau cara cek saldo KKS lewat hp kan sekarang? Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan internet kamu sebelum melakukan proses cek saldo KKS lewat hp ya. Semoga informasi ini berguna dan bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan keluarga.

Cek Saldo KKS Lewat HP

Apa Sih Manfaat Bantuan Sosial untuk Kita?

Bantuan sosial yang diterima melalui program KKS ini bisa membantu warga masyarakat yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Manfaat Pertama

Bantuan sosial bisa membantu warga masyarakat yang kurang mampu untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur, dan mie instan. Dengan adanya bantuan sosial ini, warga masyarakat yang kurang mampu bisa memenuhi kebutuhan makanan mereka tanpa harus merasa kekurangan uang.

Manfaat Kedua

Bantuan sosial juga bisa membantu warga masyarakat yang kurang mampu untuk membiayai pendidikan anak-anak mereka. Dengan adanya bantuan sosial ini, warga masyarakat yang kurang mampu bisa membiayai buku dan seragam sekolah anak-anak mereka tanpa harus merasa kekurangan uang.

Manfaat Ketiga

Bantuan sosial juga bisa membantu warga masyarakat yang kurang mampu untuk membiayai kebutuhan kesehatan mereka. Dengan adanya bantuan sosial ini, warga masyarakat yang kurang mampu bisa membeli obat atau berkonsultasi ke dokter tanpa harus merasa kesulitan membayar biaya.

Manfaat Keempat

Bantuan sosial juga bisa membantu warga masyarakat yang kurang mampu untuk mengurangi beban biaya hidup mereka. Dengan adanya bantuan sosial ini, warga masyarakat yang kurang mampu bisa mengurangi beban biaya hidup mereka dan bisa menabung untuk kebutuhan jangka panjang mereka.

Cek Saldo KKS Lewat HP

Yuk Bagikan Informasi Ini ke Teman-Teman Kamu!

Nah, itu dia cara cek saldo KKS lewat hp yang bisa dipraktikkan oleh siapa saja. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh bantuan sosial yang layak tanpa repot-repot antri di kantor pusat atau ke agen. Bagikan informasi ini ke teman-teman kamu ya, agar semakin banyak warga yang bisa memperoleh manfaat dari program bantuan sosial KKS.


Posting Komentar untuk "Cara Cek Saldo Kartu Kks Lewat Hp"