Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melamar Kerja Lewat Email Hp

Berbicara tentang dunia kerja, pasti ada satu hal yang tidak bisa dipisahkan yaitu melamar pekerjaan. Tidak peduli apapun jenis pekerjaannya, melamar pekerjaan merupakan tahap awal yang perlu dilakukan.

Contoh Berkas Lamaran Via Email

Melamar pekerjaan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui email. Mengapa melalui email? Karena cara ini dinilai lebih praktis dan efisien dibandingkan dengan cara konvensional yaitu mengirim surat lamaran melalui pos.

Contoh Berkas Lamaran Via Email

Apa itu email? Electronic mail atau email adalah salah satu perkembangan teknologi komunikasi yang memungkinkan pengiriman pesan dari satu pengguna ke pengguna lainnya melalui jaringan internet.

Bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan via email, kamu dapat mengikuti contoh berkut ini sebagai referensi:

  1. Perkenalkan dirimu dengan menyebutkan nama lengkap, kemudian sampaikan bahwa kamu ingin melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.
  2. Jelaskan bidang pekerjaan yang sedang kamu lamar, dan sinyalkan ketertarikanmu terhadap perusahaan tersebut.
  3. Jelaskan mengapa kamu merasa cocok untuk pekerjaan tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan riwayat pendidikan maupun pengalaman kerja kamu yang relevan.
  4. Sampaikan upaya yang telah kamu lakukan untuk mencari informasi mengenai perusahaan tersebut. Hal ini akan menunjukkan ketertarikanmu yang serius dalam melamar pekerjaan.
  5. Terakhir, ucapkan terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan perusahaan atas surat lamaran tersebut.

Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Melamar pekerjaan melalui email tidak hanya membutuhkan contoh surat lamaran seperti di atas, namun juga membutuhkan trik dan cara mengirim yang benar. Berikut adalah tips mengirim surat lamaran kerja melalui email yang tepat:

  1. Pastikan format email yang kamu gunakan tidak terlalu personal. Kamu bisa menggunakan nama depan dan belakang saja atau menggunakan nama dan inisial namamu. Hal ini berguna untuk menunjukkan profesionalisme kepada pihak perusahaan.
  2. Pilih subject email yang jelas dan singkat. Gunakan kata-kata yang menunjukkan bahwa kamu sedang melamar pekerjaan dan cantumkan nama perusahaan yang kamu tuju. Contohnya "Lamaran Pekerjaan - PT. ABC"
  3. Lampirkan dokumen yang diperlukan. Selain surat lamaran, kamu juga perlu melampirkan CV dan portfolio yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Pastikan dokumen yang kamu kirim tidak terlalu besar (maksimal 5MB)
  4. Gunakan email yang bermanfaat berisi informasi diri atau yang mudah diingat. Usahakan hindari menggunakan email oke234 atau panggilan yang terkesan kurang profesional.

Melamar Kerja Lewat WhatsApp

Melamar Kerja Lewat WhatsApp

Jika kamu ingin melamar kerja dengan lebih praktis, kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp. Namun, kamu perlu memperhatikan etika dan sopan santun dalam mengirim pesan.

Apa itu WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi pesan singkat yang dapat digunakan untuk mengirim pesan suara, gambar, dan video secara instan melalui jaringan internet. Aplikasi ini banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia karena fiturnya yang praktis dan mudah digunakan.

Mengapa Melamar Kerja Lewat WhatsApp?

Melamar kerja lewat WhatsApp memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah:

  • Mudah dan efisien, kamu tidak perlu menyiapkan berbagai dokumen seperti saat melamar pekerjaan dengan cara konvensional.
  • Lebih cepat, kamu bisa langsung mengirimkan pesan dan memperoleh respons dalam waktu singkat.
  • Menghemat biaya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak surat lamaran.

Jenis-Jenis Perusahaan yang Bisa Dilamar Melalui WhatsApp

Tidak semua perusahaan membuka lowongan kerja yang bisa dilamar melalui aplikasi WhatsApp. Namun, beberapa jenis perusahaan yang biasanya membuka lowongan kerja melalui WhatsApp antara lain:

  • Bisnis online
  • Startup
  • Perusahaan kecil maupun menengah yang memang mengutamakan efisiensi dalam hal penerimaan kandidat baru.

Cara Melamar Kerja Lewat WhatsApp yang Benar

  1. Kenali perusahaan yang akan kamu lamar, cari informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan, dan pastikan kesesuaian antara produk atau layanan tersebut dengan passion kamu.
  2. Cari informasi Lowongan Kerja yang diupload oleh perusahaan dan perhatikan persyaratan pekerjaan.
  3. Buat pesan singkat yang menjelaskan bahwa kamu sedang melamar pekerjaan dan mengapa kamu sesuai untuk posisi tersebut.
  4. Lampirkan CV yang relevan dengan posisi yang kamu lamar beserta portofolio yang bisa menunjukkan kemampuanmu.

Keuntungan Melamar Kerja Lewat WhatsApp

Melamar kerja lewat WhatsApp memiliki beberapa keuntungan, di antaranya yaitu:

  • Cepat dan praktis
  • Tidak membutuhkan banyak persiapan seperti pada melamar kerja dengan cara konvensional
  • Mudah diakses, kamu hanya perlu memiliki akses ke internet dan aplikasi WhatsApp
  • Lebih mudah untuk menindaklanjuti pengajuan lamaran kerja kamu.

Langkah-Langkah Melamar Kerja Lewat WhatsApp yang Benar

Berikut ini langkah-langkah melamar kerja lewat WhatsApp yang bisa kamu lakukan:

  1. Pertama, pastikan kamu memiliki nomor telepon WhatsApp yang sama dengan nomor telepon yang tercantum di lowongan kerja yang kamu minati. Hal ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar serius melamar di perusahaan tersebut.
  2. Kenali perusahaan dan bidang pekerjaan yang sedang kamu lamar. Carilah data yang bisa membantumu memahami lebih jauh mengenai perusahaan tersebut.
  3. Pastikan pesan yang kamu kirim dalam bahasa yang jelas dan sopan. Hindari penggunaan kata-kata yang terkesan kurang sopan dan hindari penggunaan emoticon yang berlebihan.
  4. Ikuti arahan dari perusahaan, serta perhatikan waktu dan jadwal job interview yang diberikan. Usahakan untuk tepat waktu dalam mengikuti proses wawancara kerja.

Tips Tambahan Melamar Kerja Lewat WhatsApp

Ada beberapa tips tambahan yang perlu kamu perhatikan saat melamar kerja lewat WhatsApp, antara lain:

  • Jangan mengirim pesan di waktu yang tidak tepat seperti pada malam hari atau saat libur.
  • Berikan kesan yang profesional dengan mengirimkan CV yang formatnya rapi dan mudah dibaca
  • Sertakan portofolio atau tautan yang dapat merepresentasikan kemampuanmu.

Melamar Kerja Lewat Email

Melamar Kerja Lewat Email

Selain melalui WhatsApp, kamu juga bisa melamar kerja lewat email. Cara melamar kerja lewat email memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan melamar lewat WhatsApp, namun memiliki kelebihan dalam segi tampilan dokumen dan lebih terstruktur.

Apa itu Email?

Electronic mail atau email adalah layanan internet yang memungkinkan penggunanya mengirim dan menerima pesan secara elektronik. Surat elektronik ini dapat dikirimkan melalui perangkat seluler maupun komputer.

Mengapa Melamar Kerja Lewat Email

Melamar kerja lewat email memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Lebih mudah dan praktis melampirkan dokumen dan portofolio terkait pada surat lamaran kerja kamu
  • Tidak memunculkan kesan kurang profesional karena terlihat lebih rapih dan formal daripada melamar pekerjaan lewat WhatsApp.
  • Dapat menunjukkan kemampuanmu dalam mengoperasikan teknologi.

Keuntungan Melamar Kerja Lewat Email

Adapun keuntungan dari melamar kerja lewat email, yakni:

  • Lebih praktis karena tidak perlu ke luar rumah atau mengirim surat lamaran via pos.
  • Lebih cepat, biasanya perusahaan akan langsung merespon jika berhasil melolos probabilitas awal dalam proses penerimaan kandidat pekerjaan.
  • Mudah untuk melakukan follow-up setelah melakukan pengajuan lamaran ke pihak perusahaan.

Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Benar dan Profesional

Berikut adalah tips dan cara melamar kerja lewat email yang benar dan profesional:

  1. Kenali perusahaan yang kamu lamar
  2. Siapkan dokumen yang harus dilampirkan seperti CV dan portofolio
  3. Buatlah alamat email yang mudah diingat dan terkesan profesional serta use your names
  4. Jangan menggunakan email yang terlalu personal
  5. Pilih subject email yang jelas dan menarik perhatian
  6. Berikan pengantar email dan penjelasan tentang posisi yang kamu lamar
  7. Sebutkan pengetahuan dan kemampuanmu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar
  8. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan perusahaan untuk melamar.

Tips Tambahan Melamar Kerja Lewat Email

  • Pastikan kamu mengirim email saat di kantor bukan saat libur kerja atau saat karyawan sibuk dengan aktivitas seperti meeting atau presentasi.
  • Jaga pesan email tidak terlalu panjang dan menggunakan bahasa yang sederhana namun profesional.
  • Usahakan segera membalas email dari perusahaan seperti tanya jawab dan panggilan interview kerja.

Dalam melamar pekerjaan, teknologi dapat menjadi solusi yang memudahkan. Kamu bisa melamar kerja lewat email atau melalui aplikasi WhatsApp. Tentu saja, kamu perlu memperhatikan trik dan cara mengirim yang benar agar melamar pekerjaanmu tidak sia-sia. Semoga tips dan cara yang sudah kita bahas di atas bisa membantumu dalam mencari pekerjaan impianmu.


Posting Komentar untuk "Cara Melamar Kerja Lewat Email Hp"