Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meng Screenshot Di Hp Samsung

Buat kamu yang menggunakan smartphone Samsung, pasti sudah sangat familiar dengan fitur yang satu ini. Yup, fitur screenshot atau zrzut ekranu memang sangat bermanfaat untuk menangkap tampilan layar yang ingin kamu simpan. Tapi, apakah kamu sudah tahu cara mengambil screenshot di Samsung A7, A20, dan A40?

Cara Mengambil Screenshot di Samsung A7, A20, dan A40

Sebelum kita membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kamu tahu dulu apa itu screenshot. Screenshot adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menangkap gambar atau tampilan layar pada smartphone kamu. Fitur ini sangat berguna untuk menyimpan sesuatu yang muncul di layar smartphone kamu, misalnya hasil foto, chat, atau tampilan website.

Apa itu Screenshot?

Screenshot atau zrzut ekranu pada smartphone Samsung adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menangkap gambar atau tampilan layar pada perangkat kamu. Jadi, kamu bisa menyimpan gambar screenshot tersebut dan membagikannya dengan mudah.

Mengapa Harus Menggunakan Screenshot?

Ada banyak alasan mengapa kamu harus menggunakan fitur screenshot pada smartphone Samsung-mu. Beberapa alasan tersebut antara lain:

  • Bisa menyimpan tampilan layar yang ingin kamu simpan
  • Bisa share informasi yang ada di layar smartphone, misalnya dengan teman, keluarga, atau rekan kerja
  • Dapat membuat dokumentasi informasi atau file penting yang muncul di layar smartphone kamu

Jenis-Jenis Screenshot di Smartphone Samsung

Sama seperti di perangkat lainnya, pada smartphone Samsung ada beberapa jenis screenshot yang bisa kamu gunakan. Berikut beberapa jenis screenshot di smartphone Samsung:

  • Screenshot biasa - hanya menangkap gambar tampilan layar saja
  • Screenshot panjang - menangkap gambar tampilan layar secara panjang sehingga bisa menyorot bagian tertentu dari sebuah halaman
  • Screenshot tangan - sebuah fitur di smartphone Samsung yang mengizinkan kamu untuk mengambil screenshot hanya dengan satu tangan saja

Cara Mengambil Screenshot di Samsung A7, A20, dan A40

Anda dapat mengambil screenshot di Samsung A7, A20, dan A40 dengan mudah. Berikut adalah tutorial singkatnya:

1. Mengambil Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Cara pertama untuk mengambil screenshot di Samsung A7, A20, dan A40 adalah dengan menggunakan tombol fisik. Caranya :

  1. Pastikan tampilan layar pada smartphone Samsung kamu sudah siap untuk digunakan, misalnya sudah menampilkan informasi yang ingin kamu screenshot, chat, atau gambar
  2. Tekan tombol tombol volume bawah dan tombol power/lock screen secara bersamaan selama 1-2 detik
  3. Setelah itu, kamu akan mendengar bunyi kamera dan melihat layar berkedip singkat. Screenshot yang telah kamu ambil akan secara otomatis tersimpan di album foto smartphone kamu.

2. Mengambil Screenshot Menggunakan Gesture (Palm Swipe)

Jika kamu kesulitan untuk menekan tombol volume dan tombol power secara bersamaan, kamu bisa menggunakan fitur gesture atau palm swipe untuk mengambil screenshot. Caranya :

  1. Pastikan fitur palm swipe sudah aktif pada smartphone Samsung kamu. Caranya masuk ke Settings > Advanced Features > Palm Swipe to Capture, kemudian hidupkan tombol tersebut
  2. Tampilkan layar smartphone yang ingin kamu screenshot
  3. Letakkan telapak tangan di sisi kiri atau sisi kanan layar seperti yang ditunjukan gambar. Kemudian geseklah dengan lembut telapak tanganmu ke sisi lain layar.
  4. Setelah itu, kamu akan mendengar bunyi kamera dan screenshot yang telah kamu ambil akan disimpan dengan sendirinya ke dalam album foto di smartphone Samsung kamu.

3. Mengambil Screenshot Menggunakan Bixby Voice Assistant

Cara terakhir untuk mengambil screenshot di Samsung A7, A20, dan A40 adalah menggunakan Bixby voice assistant. Caranya :

  1. Tekan tombol virtual Bixby assistant pada smartphone Samsung kamu
  2. Ucapkan perintah "Take a screenshot"
  3. Setelah itu, kamu akan mendengar bunyi kamera dan Screenshot yang telah kamu ambil akan disimpan dengan sendirinya ke dalam album foto di smartphone Samsung kamu.

Keuntungan Menggunakan Screenshot di Smartphone Samsung

Menggunakan screenshot di smartphone Samsung memberikan berbagai keuntungan dan manfaat yang tidak bisa kamu lewatkan. Beberapa keuntungan menggunakan screenshot di smartphone Samsung tersebut antara lain:

  • Mudah digunakan - tidak membutuhkan keterampilan atau kemampuan khusus untuk mengambil screenshot di smartphone Samsungmu
  • Bisa membantu kamu dalam proses dokumentasi atau penyimpanan informasi penting
  • Bisa memudahkan kamu untuk berbagi informasi atau tampilan layar smartphone Samsungmu dengan orang lain
  • Bisa membantu kamu untuk menyelesaikan masalah atau mengatasi kendala yang muncul pada smartphone Samsungmu

Langkah-Langkah Menyimpan dan Mengatur Screenshot di Smartphone Samsung

Setelah kamu berhasil mengambil screenshot di smartphone Samsungmu, kamu bisa menyimpan atau mengatur screenshot sesuai dengan kebutuhan. Beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan antara lain:

1. Langkah Pertama

Buka aplikasi dengan ikon album foto di smartphone kamu. Biasanya, aplikasi ini memiliki nama seperti Gallery atau Photos. Setelah membuka aplikasi tersebut, kamu akan melihat semua foto dan screenshot yang telah kamu ambil.

2. Langkah Kedua

Pilih screenshot yang ingin kamu simpan atau bagikan. Kamu bisa memilih dengan cara mengklik atau menggulir ke bawah atau ke atas. Setelah itu, kamu akan melihat screenshot dengan ukuran yang lebih besar dan detail.

3. Langkah Ketiga

Jika kamu ingin membagikan screenshot ke satu atau beberapa kontak kamu bisa klik tombol share. Tombol tersebut biasanya terletak di pojok kanan bawah aplikasi. Kamu bisa memilih kontak atau aplikasi apa yang ingin kamu gunakan untuk membagikan screenshot.

4. Langkah Keempat

Jika kamu ingin mengedit atau memodifikasi screenshot, kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto. Beberapa contoh aplikasi edit foto di smartphone Samsung yang bisa kamu gunakan antara lain Adobe Lightroom CC, Snapseed, atau PicsArt.

Tips Menggunakan Screenshot di Smartphone Samsung

Selain tampilan layar, kamu juga bisa mengambil screenshot dari tampilan video di smartphone Samsungmu. Kamu cukup mainkan video tersebut, lalu ambil screenshot seperti biasa.

Demikianlah cara mengambil screenshot di Samsung A7, A20, dan A40. Dengan fitur screenshot ini, kamu bisa dengan mudah menangkap dan membagikan screenshot ke teman, keluarga, atau rekan kerja kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba sendiri dan share pengalaman kamu menggunakan fitur ini.


Posting Komentar untuk "Cara Meng Screenshot Di Hp Samsung"